27 Februari 2010

Kriteria kelebihan dan kelemahan iPad

Berikut saya bahas mengenai 5 kriteria kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada Ipad:


Kelebihan
1. Dari segi tampilan Video, layar iPad yang memiliki resolusi tinggi membuat iPad menjadi perangkat yang sempurna untuk menonton video apapun. Dengan mudah beralih di antara layar lebar dan layar penuh dengan double-tap.
2. Dilihat dari sisi tampilan Foto yang anggun dan jernih serta dilengkapi dengan fitur-fitur software yang unik, iPad adalah cara yang luar biasa untuk menikmati dan berbagi foto Anda. Sebagai contoh, Foto app menampilkan foto-foto dalam album seolah-olah mereka dalam tumpukan. Hanya dengan menekan tumpukan, seluruh album yang anda punya akan terbuka. Dari sana, Anda dapat membolak-balik gambar, memperbesar atau memperkecil, atau menonton tayangan slide. Anda bahkan dapat menggunakan iPad sebagai bingkai foto digital yang indah saat iPad anda sedang standby atau lagi pengisian daya. Dan ada banyak cara untuk mengimpor foto: Anda bisa mengsinkronkan dengan komputer Anda, atau mendownload dari sebuah email, atau mengimpor secara langsung dari kamera anda menggunakan Apple Camera Opsional Connection Kit.
3. Dengan iPod app, semua musik secara harfiah sudah berada di ujung jari Anda. Anda tinggal browse by album, judul lagu, artis, atau genre film yang sederhana. Untuk memutar lagu, cukup tekan lagu yang ingin anda dengarkan. iPad bahkan menampilkan seni album ukuran penuh. Mendengarkan musik dengan speaker built-in atau dengan kabel atau nirkabel Bluetooth headphone.
4. iPad mampu membantu Anda untuk membuat catatan dengan mudah. Dalam tampilan lanskaps, Anda dapat melihat halaman catatan, tapi juga seluruh daftar catatan Anda. iPad bahkan memberikan lingkaran catatan yang sedang Anda kerjakan dengan warna merah, sehingga Anda dapat melihat di mana Anda sedang mencatat dalam sekejap.
5. Spotlight cari memungkinkan Anda untuk mencari data yang ada di iPad dan data yang ada di semua aplikasi yang built-in, termasuk Mail, Kontak, Kalender, iPod, dan Catatan. Bahkan pencarian juga terhubung dengan App Store untuk menampilkan aplikasi apa yang Anda butuhkan.
Jadi, tidak peduli apa yang Anda cari, semua menampilkan lebih dari yang Anda butuhkan.

Kelemahan
1. Tidak Multi-tasking. Salah satu contohnya, jika pengguna membuka mail, pengguna tidak dapat sekaligus mendengarkan musik.
2. Tidak mempunyai Kamera. Kalaupun ingin menggunakan kamera, harus via USB . Hal yang paling fatal menurut saya, karena kamera saat ini telah menjadi kebutuhan yang paling mendasar.
3. Ekosistem Aplikasi Tertutup. Kalau yang ini sudah pasti semua produk apple iPad hanya menjalankan aplikasi dari App Store milik Apple, toko yang sama yang telah melarang penggunaan aplikasi lain--seperti Google Voice--dengan alasan tak jelas.
4. Kapasitas penyimpanan yang kecil. Paling besar adalah 64 GB, sedangkan netbook kapasitasnya sudah mencapai 160 GB.
5. Tanpa HDMI. Anda ingin menonton video-video bertipe High Definition (HD) yang anda download dari iTunes di dalam iPad? Sialnya, Anda bakal jumpai kualitas buruk! Jika Anda memang loyalis Apple, anda telah membeli “AppleTV” kualitas rendah.

17 Februari 2010

Ipad

Diawali oleh keinginan Steve Jobs untuk menciptakan sebuah kata perangkat baru dari perangkat yang akan mengisi kesenjangan antara pasar smartphone dan laptop. Dia mengatakan bahwa netbook “tidak lebih baik dari apa pun.” Dia menginginkan sesuatu yang lebih baik daripada sebuah laptop yang digunakan untuk browsing web dan yang bisa memainkan game, film, video YouTube dan masih banyak lagi.

Apple menjawab kesenjangan tersebut dengan menghadirkan iPad. iPad seperti iPod touch/iPhone tapi dengan ukuran layar 9.7 inch, 16-64 GB memori dan kemampuan untuk menjalankan hampir setiap iPhone app di App Store. Dapat terhubung melalui USB untuk sinkronisasi dengan PC atau Mac, memutar video HD, bertindak sebagai pembaca ebook, dan masih banyak lagi. Meskipun ada banyak fungsi, sebagaimana yang penulis jelaskan di bagian bawah artikel ini, yang membuat iPad menarik perhatian banyak orang adalah harganya. Banyak yang memperkirakan harga iPad sebesar $ 1.000, tapi pihak Apple membuat harga awal iPad ini hanya $ 499. Sebagai perbandingan, Kindle DX yang juga memiliki layar 9.7 inch harganya $ 489, hanya beda $10.

Spesifikasi Apple iPad

  • Screen: layar LCD IPS 9.7-inch. Menyediakan LCD backlighting, tetapi sebagian besar berteknologi IPS, atau In-plane switching. Teknologi ini memberikan sudut pandang yang lebih kuat daripada kebanyakan layar LCD.
  • Resolusi: 1024 × 768 pixel (132 pixel per inch).
  • Size: ketipisannya hanya0.5 inch.
  • Dimensi: 9,5 inci x 7,5 inci x 0,5 inci
  • Berat: 1.5 pounds (£ 1,6 untuk 3G)
  • Chip: 1 GHz Apple A4 chip.
  • Memory: Tiga ukuran pilihan 16 GB, 32 GB dan 64 GB solid state hard drive.
  • Termasuk: Accelerometer, Microphone, 30-pin konektor, kompas, multi-touch, Bluetooth 2.1, Wi-Fi 802.11n, akses 3G pada model higher-end.
  • Battery Life: 10 jam penuh. Pada keadaan standby, bisa lebih dari sebulan.

Kesimpulan: Produk yang tipis dengan keteraturan cahaya yang baik dan juga performa yang cepat.

Interface

Mungkin antarmuka iPad sudah familiar bagi anda, banyak interface yang mirip dengan interface iPhone OS. Bahkan merupakan versi kustom dari iPhone 3.2 OS. Aplikasi utama ada di bagian bawah dan anda hanya tinggal menggeser jari tangan anda di layar iPad untuk mencari aplikasi. Steve Jobs menyebutkan bahwa interface seperti ini mempermudah banyak orang dan membuat orang menyukai interface seperti ini karena sudah banyak orang (7,5 juta) yang menyukai interface seperti ini baik di iPhone maupun di iPod touch.

Ada SDK baru bagi developer untuk membuat aplikasi khusus iPad, dan juga semua iPhone apps bisa berjalan di iPad. iPhone apps dapat berjalan baik dalam resolusi asli atau dalam “double pixel mode” penggunaan fullscreen. Developer akan dapat memodifikasi aplikasi mereka dengan menggunakan SDK baru untuk mengoptimalkannya di iPad. Interface lainnya mirip dengan interface iPhone, tetapi dengan ukuran yang lebih besar.

Web, Email dan Maps

Sama seperti iPhone, iPad menggunakan Safari Mobile sebagai browsernya. Dan persis seperti iPhone, tidak mendukung Adobe Flash, plug-in yang tidak disukai oleh Apple. Pada kenyataannya, sebagian besar aplikasi web standar yang lain yang ada diantara iPhone dan iPad sama. Misalnya Email menggunakan interface yang sama, tetapi iPad memiliki lebih banyak fitur seperti email previews. Google Maps berjalan pada iPad seperti halnya pada iPhone. Salah satu app yang mendapatkan beberapa fitur baru di iPod adalah Foto app dengan beberapa input baru multi-touch yang memungkinkan anda dengan mudah melihat dan mengelola beberapa gambar.

Konektivitas

Apple tablet datang dalam 2 model berdasarkan konektivitas mereka, keduanya memiliki konektivitas Wi-Fi. Namun, pada model higher-end juga dilengkapi dengan akses 3G (anda harus mengocek $ 130 bahkan lebih untuk memiliki 3G-enabled tablet. Jika anda menginginkan model yang 3G, saat ini anda hanya bisa menggunakan AT&T (mitra peluncuran resmi dari iPad). Untungnya walaupun anda tidak perlu menandatangani kontrak untuk menggunakan koneksi 3G. Jika anda menggunakannya biayanya $ 14.99 untuk 250 MB data per bulan, sedangkan anda akan menghabiskan lebih dari $ 29,99 bulanan untuk yang unlimited. Anda bisa membatalkannya kapan saja tanpa biaya pemberhentian.

iPad memanfaatkan microGSM, artinya tidak terikat secara khusus hanya untuk AT&T. Dengan demikian, anda dapat menggunakan operator internasional yang dimulai pada bulan Juni atau Juli. Sebagai catatan modem 3G iPad tidak mendukung frekuensi 3G T-Mobile.

Fitur Ebook dan Publishing

iBooks diumumkan pada acara peluncuran iPad. iBooks adalah sebuah aplikasi baru untuk iPhone, iPod Touch dan iPad yang memungkinkan anda untuk menelusuri, men-download dan membaca Ebook. Pada peluncurannya, lima penerbit buku akan memiliki publikasi pada iBooks, yaitu Penguin, Simon dan Schuster, HarperCollins, Macmillian dan Hachette.

Berikut adalah cara Steve Jobs menggambarkan iBooks:

“Aplikasi iBooks sangat baik yang merupakan cara baru untuk membaca dan membeli buku. Hanya dengan men-download aplikasi gratis dari App Store, andadapat membeli segalanya, mulai dari versi klasik sampai versi terlaris dari built-in iBookstore. Setelah anda membeli sebuah buku, maka akan ditampilkan pada Bookshelf anda. Untuk membacanya, yang harus anda lakukan adalah klik Ebook yang ingin anda buka di atas daftar Bookshelf. Dengan resolusi tinggi dan layar LED-backlit semuanya akan terlihat tajam, kaya akan warna, sehingga menjadi sangat mudah dibaca, bahkan dalam cahaya rendah. ”

Waktulah yang akan menentukan apakah iPad cocok untuk cara baca Ebook baru dalam jangka waktu yang panjang dan Apple bersedia menerima kritikan apapun dalam pencariannya untuk merebut mahkota ebook dari Amazon.

TV, Film dan Video

Tampilan video itu sendiri terlihat jelas dan tajam pada saat Apple mendemontrasikan iPad ini dengan memainkan beberapa film. Antarmuka video iPad mirip dengan antarmuka iPhone, dengan opsi bookmark, forwarding yang cepat, rewinding, dll. Dan juga bisa memainkan video HD.

Dan juga memiliki toko iTunes -seperti antarmuka untuk browsing video, film dan membeli konten video-. Di sisi kiri anda akan menemukan pilihan dengan tampilan screenshot, deskripsi dan panjang video. Di sisi kanan adalah grafiknya, baik dari film atau dari acara TV. Namun, perangkat ini tidak berlayar lebar. Ada banyak ruang hitam di bagian atas dan bawah ketika menonton film dalam modus layar lebar. Semoga Apple bisa mengatasi hal ini dalam versi iPads nantinya.

Kesimpulan: Bagus untuk menonton film.

Gaming

Anda harus benar-benar menaruh perhatian pada games iPad ini karena EA dan yang lainnya akan membuat beberapa permainan yang menakjubkan pada platform ini.

Beberapa permainan yang ditunjukkan untuk iPad, yaitu Need for Speed Shift dan N.O.V.A. Dalam Need for Speed, pengemudi mobil bergerak dengan menggerakkan tablet. Dengan mengetuk device akan mengubah pandangan dan ukuran zoom. Anda cukup menggunakan touch screen untuk mempercepat dan mengubah gigi. Perkiraan mereka, games iPad akan tampak hebat – lebih baik daripada games iPhone – tapi belum bisa dibandingkan dengan PC. Dalam N.O.V.A, orang pertama shooter, anda dapat menggunakan jari anda untuk membuka pintu atau slide dua jari untuk melemparkan granat. Ada juga pengontrolan lainnya di tablet Apple.

Produktivitas dan iWork
Produktivitas dan bisnis untuk bekerja di iPad, Apple telah memperkenalkan versi baru dari software iWork yang khusus dirancang untuk perangkat touchscreen. Kelihatannya iWork ini sudah dalam pengembangan selama lebih dari setahun.

Kesimpulan dari fitur dan aplikasi utama di iWork untuk iPad:

  • Keynote: Software presentasi utama Apple yang telah mendapat perombakan yang memungkinkan Anda dengan mudah melihat dan menambah slide dengan menggunakan antarmuka layar sentuh. Anda dapat mengedit, menelusuri slide dan masih banyak lagi.
  • Pages: Pengolah kata pada iPad terjadi pada Pages, yang memungkinkan anda untuk mengetik dengan efektif tanpa keyboard fisik dan memberikan sentuhan berbasis pilihan pemformatan. Misalnya, menggeser foto pada halaman ini mudah karena ada auto-wrap.
  • Numbers: fitur spreadsheet Apple memungkinkan Anda mendesain sel data dan spreadsheet dengan antarmuka multi-touch.
  • Harga: Harganya $ 9.99 untuk setiap aplikasi di app store.

NB: anda bisa membuka dokumen Excel, Word dan Powerpoint di iWork, artinya dokumen PC anda bisa anda gunakan juga di iPad.

Anda harus benar-benar menaruh perhatian pada games iPad ini karena EA dan yang lainnya akan membuat beberapa permainan yang menakjubkan pada platform ini.

Beberapa permainan yang ditunjukkan untuk iPad, yaitu Need for Speed Shift dan N.O.V.A. Dalam Need for Speed, pengemudi mobil bergerak dengan menggerakkan tablet. Dengan mengetuk device akan mengubah pandangan dan ukuran zoom. Anda cukup menggunakan touch screen untuk mempercepat dan mengubah gigi. Perkiraan mereka, games iPad akan tampak hebat – lebih baik daripada games iPhone – tapi belum bisa dibandingkan dengan PC. Dalam N.O.V.A, orang pertama shooter, anda dapat menggunakan jari anda untuk membuka pintu atau slide dua jari untuk melemparkan granat. Ada juga pengontrolan lainnya di tablet Apple.

Produktivitas dan iWork
Produktivitas dan bisnis untuk bekerja di iPad, Apple telah memperkenalkan versi baru dari software iWork yang khusus dirancang untuk perangkat touchscreen. Kelihatannya iWork ini sudah dalam pengembangan selama lebih dari setahun.

Kesimpulan dari fitur dan aplikasi utama di iWork untuk iPad:

  • Keynote: Software presentasi utama Apple yang telah mendapat perombakan yang memungkinkan Anda dengan mudah melihat dan menambah slide dengan menggunakan antarmuka layar sentuh. Anda dapat mengedit, menelusuri slide dan masih banyak lagi.
  • Pages: Pengolah kata pada iPad terjadi pada Pages, yang memungkinkan anda untuk mengetik dengan efektif tanpa keyboard fisik dan memberikan sentuhan berbasis pilihan pemformatan. Misalnya, menggeser foto pada halaman ini mudah karena ada auto-wrap.
  • Numbers: fitur spreadsheet Apple memungkinkan Anda mendesain sel data dan spreadsheet dengan antarmuka multi-touch.
  • Harga: Harganya $ 9.99 untuk setiap aplikasi di app store.

NB: anda bisa membuka dokumen Excel, Word dan Powerpoint di iWork, artinya dokumen PC anda bisa anda gunakan juga di iPad.

Harga

Harga adalah sesuatu yang ajaib dalam acara peluncuran iPad. Banyak yang memperkirakan harganya $800 sampai $1,000 ternyata harga yang ditawarkan Apple pada tipe iPad termurah hanya $499.

Seperti yang bisa anda lihat dari gambar di atas, iPad punya dua edisi: Wi-Fi saja atau Wi-Fi + 3G. Dan juga dengan 3 ukuran: 16 GB, 32 GB dan 64 GB. Dengan demikian, yang termurah adalah yang memakai Wi-Fi saja dan ukurannya 16 GB dengan harga $499, sedangkan yang paling mahal yang memakai Wi-Fi+3G dengan ukuran 64 GB harganya $ 829.

Daftar harga iPad:

  • $499: 16 GB, hanya Wi-Fi
  • $599: 32 GB, hanya Wi-Fi
  • $629: 16 GB, Wi-Fi dan 3G
  • $699: 64 GB, hanya Wi-Fi
  • $729: 32 GB, Wi-Fi dan 3G
  • $829: 64 GB, Wi-Fi dan 3G


08 Februari 2010

Poster Garasi

Selama ini fungsi garasi adalah sebagai tempat untuk menyimpan kendaraan. Tapi garasi juga dapat terlihat 'unik' kalo kita bisa kreatif. Berikut contoh upgrade garasinya....




















Favorit gw, yang ada Alligatornya... Hehe, mantap deh....

04 Februari 2010

field trip ilkom 44

Tanggal 25-26 Januari 2010, gw ama anak2 ilkom field trip ke berbagai tempat dari Jakarta-Bandung....
Kunjungan pertama dimulai dengan bertandang ke Kota Tua, di depan museum Fatahillah.. Gw sempet nyewa sepeda ontel juga, patungan sama temen gw. 15 menitnya Rp 5000,.









Tempat kedua yang gw kunjungi yaitu Microsoft Corp.

Kunjungan berikutnya langsung menuju vila Enggal di daerah Tangkuban Perahu. Banyak acara yang buat suasana jadi rame dan dari situ bikin anak2 ilkom jadi makin kompak, diantaranya: pembagian award, kuis, sampe renungan malam buat ngeluarin unek-unek yang selama ini mengganjal di hati ilkomerz...



Paginya, perjalanan lanjut ke Tangkuban Perahu. Disana lanjut gw juga sempet foto2... hoho




Truus, pulangnya dari Tangkuban Perahu, gw mampir makan siang di restoran yang lumayan sih, ada flying fox segala macem.. Hmm, ada trouble dikit sih sama rombongan ibu2 dari bis sebelah... Hufft...


Selesai makan, beli oleh2 trus langsung pulang deh.......

Love is...
© Look My Love Pictures - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace