26 Juni 2010

Web Usability "Website Transaksi Pembelian Produk IT "

AnugrahPratama.com merupakan salah satu website yang bergerak di bidang bisnis barang-barang elektronik, khususnya segala sesuatu yang berhubungan dengan perangkat keras maupun lunak komputer, misalnya Notebook, Laptop, Komputer, Server, Software Asli, Tinta Asli dan produk IT lainnya.


Model bisnis yang diterapkan oleh situs tersebut:

1. Virtual storefront yaitu menjual barang fisikal secara langsung ke konsumen atau bisnis perorangan.

2. Information broker yaitu menyediakan informasi tentang produk, harga, dan ketersediaannya kepada perorangan dan bisnis. Membangkitkan pendapatan dari iklan atau dari komisi penjualan.

3. Transaction broker yaitu menghemat uang dan waktu pengguna dengan memproses transaksi penjualan secara online. Mendapatkan pemasukan dari komisi per transaksi.

4. Virtual community yaitu menyediakan titik masuk awal ke web beserta konten terspesialisasi serta layanan lainnya.

Perusahaan ini membangun situs web sebagai perluasan dari bisnis tradisional mereka, sehingga model bisnis yang mereka lakukan disebut click and mortar.

Pada tampilan menu HOME, website ini menyajikan beberapa fungsi, antara lain:

1. Fungsi pilihan CATALOG, yang dapat memudahkan user untuk menemukan produk yang ingin dibeli atau sekedar melihat harga secara efisien langsung berdasarkan kategori yang tersedia.

2. Fungsi USD CALCULATOR yang digunakan sebagai media untuk mengonversi nilai mata uang Dollar ke dalam nilai mata uang Rupiah berdasarkan nilai kurs Rupiah terhadap Dollar saat ini.

3. Fungsi ABOUT US yang mendeskripsikan website secara singkat.

4. Fungsi TESTIMONI yang diurutkan berdasarkan tanggal.

5. Fungsi MY SHOPPING CART dengan currency rupiah.

6. Fungsi CUSTOMER SERVICE agar user (konsumen) dapat berhubungan dengan penjual.

7. Fungsi PROMOTIONS yang berguna untuk mempromosikan produk-produk yang berkaitan dengan komputer.

Sekarang akan saya bahas sisi USABILITY –nya:

~ Pada halaman utama (HOME) ini, pemilihan warnanya sudah baik, karena user tidak akan bingung dengan menu-menu atau fungsi-fungsi yang disediakan. User dapat dengan mudah berinteraksi dengan website ini sesuai dengan tujuannya. Contohnya: user dapat melakukan cek harga produk-produk IT yang dijual pada situs tersebut serta membandingkan harga dengan situs bisnis online yang lain (pure-play) atau dengan perusahaan bisnis yang menjual produk IT serupa dengan bisnis online tersebut tetapi dijalankan secara tradisional (brick-and-mortar).

~ Fungsi CATALOG dijabarkan secara jelas di halaman utama ini. Tujuannya adalah memberikan deskripsi singkat kepada user apa saja daftar produk yang terdapat dalam atribut Accessories, Camera, CCTV, Desktop, Handphone, Laptop, Media Player, Networking, dan sebagainya.

~ Website ini menampilkan produk-produk apa saja yang sedang banyak diminati oleh konsumen serta produk-produk IT terbaru sehingga user akan selalu update terhadap perkembangan teknologi di bidang IT.

~ Fungsi USD CALCULATOR lebih sering dimanfaatkan user untuk melakukan cek harga terhadap produk yang diminati.

~ Lazimnya, Fungsi ABOUT US dijadikan tampilan menu, namun hal ini tidak memberikan dampak interaksi yang merugikan bagi user.

~ Fungsi TESTIMONI dapat diisi oleh user untuk menyampaikan saran maupun kritik serta ucapan terima kasih bagi penjual sebaagai ungkapan kepuasan konsumen telah bertransaksi lewat website ini. Testimoni baru akan langsung berada di bagian atas sesuai dengan urutan tanggal.

~ Fungsi MY SHOPPING CART disediakan untuk memudahkan user menyimpan produk apa saja yang ingin dibeli. Selain itu, user juga tidak perlu repot lagi menghitung berapa total uang yang harus dibayarkan ketika akan bertransaksi karea website ini secara otomatis melakukan count terhadap harga produk yang telah dipilih dan disimpan ke dalam fungsi my shopping cart ini.

~ Penjual memberikan akses berkomunikasi tidak hanya via telepon, tetapi juga via Yahoo Messanger sehingga konsumen dengan mudah memberikan pertanyaan tentang mekanisme transaksi dan kondisi produk kepada customer service.

Kekurangan menu HOME pada website ini antara lain:

~ Fungsi untuk konfirmasi pembayaran terletak pada bagian bawah halaman, sehingga dapat menyulitkan user ketika akan melakukan transaksi

~ Alamat toko juga terdapat pada bagian paling bawah halaman, sehingga menyulitkan pengguna yang ingin berkunjung langsung ke toko tersebut. Seharusnya, alamat toko diletakkan pada Banner.

Pada tampilan menu CREATE ACCOUNT, website ini menyajikan form yang harus diisi oleh user yang ingin melakuan transaksi pembelian produk. Sayangnya, pengisian form dilakukan dalam bahasa Inggris, sehingga agak merepotkan bagi user yang tidak dapat berbahasa Inggris. Namun secara keseluruhan cukup usable karena pemilihan katanya cukup familiar bagi user.






Tampilan menu LOGIN cukup baik dan tidak merepotkan pengguna dalam berinteraksi dengan website.


Tampilan menu Daftar harga sangat efektif dan efisien karena telah terurut berdasarkan kategori yang terdapat pada fungsi CATALOG dan telah sesuai dengan urutan alphabet. User dapat menentukan sendiri urutan berdasarkan judul produk atau harga.


Menu CONTACT US menyediakan akses untuk menghubungi penjual via telepon, fax, sms, maupun via YM (Yahoo Messanger).


Menu PROMOTIONS berisi tentang promosi-promosi yang dilakukan oleh pemilik website terhadap merk perangkat keras atau lunak tertentu.

Menu SITE MAP mendeskripsikan fungsi CATALOG berdasarkan kategorinya yang disusun dalam bentuk lain.

Menu BLOG berisi blog-blog yang dimiliki oleh penjual yang memungkinkan user untuk membaca artikel-artikel terkini mengenai produk IT tertentu.

Menu FORUM digunakan sebagai media interaksi antar user maupun penjual sehingga antar sesama user dapat saling bertukar informasi penting mengenai produk IT tertentu serta dapat mendapatkan deskripsi kualitas produk tertentu.

Demikian sedikit ulasan mengenai Web Usability yang terdapat pad website anugrahpratama.com. Semoga dapat bermanfaat.. \(^_^)/

20 komentar:

Nadea mengatakan...

Hm.. saya setuju dengan pendapat kamu kalau pemilihan warna yang soft n simple udah tepat. Tapi ketika melihat halaman home, sangat tidak menarik dengan penulisan daftar produk dengan koma sebagai tanda hubung, dan ternyata adalah sebuah link. Aplikasi converter mata uangnya juga aneh karena menyebutkan harus dikali dengan Rp 9120 dan tidak ada tombol convert atau submit karena hasil langsung muncul ketika mengetikkan angka (jika diketikan huruf tidak muncul hasil).
Nice post Ella :)

http://www.nadeea.co.cc/
http://nadeae07.student.ipb.ac.id/

fauzi mengatakan...

iya la fungsi homenya kurang menarik banget . Aplikasi converter mata uangnya juga aneh karena dikali dengan Rp 9120 dan tidak ada tombol convert atau submit

ana maulida mengatakan...

setuju-setuju. .saya ju bingung waktu converter mata uang ga ada fungsi submitnya. .

ana maulida mengatakan...

betul-betul. .daya juga bingung waktu converter mata uang ga ada fungsi submitnya. .

heyitsMade mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
heyitsMade mengatakan...

converternya memang aneh, namun sepertinya tidak terlalu menjadi masalah selama masih bisa melihat hasil convert-nya.

http://nim0791.student.ipb.ac.id/

Adhitya G266 mengatakan...

converternya membingungkan....

meystar mengatakan...

jika terdapat kekurangan pada user usability maka akan terjadi penurunan nilai user experience dan user interface tentunya,,,

pungki ari wibowo mengatakan...

hemm saya malh koment blognya nie. blognya imut-imut banget

Adel comicerz mengatakan...

Converternya aneh... menyulitkan user...

Adelina P.H. (F24070038)
http;//adelinap07.student.ipb.ac.id

yudizious mengatakan...

good review

windy mengatakan...

user experince rasanya kurang la, mgkn krn homenya kurang menarik x ya.

Dimpy Adira Ratu mengatakan...

stuju dengan teman2 yang lain, pertama kali lihat situsnya memang kurang menarik..masih banyak white space..

Danar Sappii mengatakan...

Kalo menurut gw gak ada masalah sih sama converter nya, tetep masih bisa menjalankan fungsinya dengan bbaik kok.
Kekurangannya itu di desain webnya, terlalu banyak white space, perpaduan warnanya juga kurang menarik.
Selain itu, di menu home, entah kenapa tampilan produk-produknya kok malah terlihat kayak Google ads.

Nice post La..
=D

izel oke mengatakan...

situs yg punya kalkulator USD...
boleh2...huhaha...

Ivans mengatakan...

Nice Info

alaisys mengatakan...

INFO MENARIK

www.alaisys.com

info Teknologi terbaru dari surabaya

jelita mengatakan...

terimaksih ats trik nya mba

Anonim mengatakan...

It is not my first time to pay a quick visit this site, i am browsing this site dailly and obtain fastidious data from here everyday.


Also visit my webpage :: vakantiehuisje huren

Unknown mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Posting Komentar

Love is...
© Look My Love Pictures - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace